PGSD WATES

Gedung Layanan Akademik UNY Kampus Wates

Sedikit bercerita, prodi PGSD merupakan program study yang akan menciptakan calon-calon guru SD. Anggap saja jembatan bagi seseorang yang bercita-cita sebagai guru SD. Ehh.. tapi tak semua yang masuk PGSD itu bercita-cita menjadi guru SD. Hal itu benar-benar nyata adanya, dan mengapa opini tersebut ada. Jawabannya simpel karena prodi PGSD menjadi pelarian, menjadi tempat singgah ketimbang tidak kuliah. Anggap saja hanya setengah hati. Lalu ke mana setengah hatinya yang lain? Yang pasti ke tempat yang lebih baik yang dianggap lebih wow ketimbang prodi PGSD.
PGSD merupakan prodi yang cukup banyak diminati. Selain itu kuota PGSD itu sendiri cukup banyak, yakni sekitar 240 orang. Nantinya akan dibagi menjadi 6 kelas, sedangkan setiap kelas akan berisi 40-45 mahasiswa. Yang paling spesial prodi PGSD itu sendiri tidak dapat ditemukan di UNY pusat (Kampus Karangmalang), melainkan berada di kampus wilayah. Mungkin bisa dibilang mengagetkan, tapi setelah dirasa mungkin kampus wilayah memang cukup kondusif untuk jalannya perkuliahan. Kampus wilayah tersebut dibagi menjadi tiga. Pertama adalah kampus Mandala, kedua kampus Bantul, dan yang ketiga adalah kampus Wates atau biasa disebut kampus 4.
Mengenai kampus Wates, tak perlu khawatir bagi anak rantau jika menuju pusat karena telah disediakan shuttlebus UNY. Dari kampus Wates, terdiri dari 3 fakultas dan 5 prodi. Tiga fakultas tersebut adalah FIP, FIK, dan FE. Sedangkan 5 prodi tersebut adalah prodi PGSD, PGSD-Penjas, Manajemen Pemasaran, Akuntansi, dan Sekretari. Sedangkan Wates sendiri memiliki berbagai macam fasilitas yang cukup memadai dibandingkan dengan kampus wilayah lain.
Fasilitas tersebut seperti kolam renang Internasional. Yakni kolam renang yang menjadi unggulan Kampus Wates. Selain itu gedung Layanan Akademik atau biasa disingkat GLA merupakan gedung yang tertinggi di Kulon Progo. Gedung yang cukup elegan dan begitu terkenal ini memang cukup menarik, terutama letaknya yang tepat persis berada di samping kolam renang.
Mengenai PGSD itu, makulnya tak jauh berbeda dengan mata pelajaran anak SD. Semuanya mempelajari mengenai pelajaran yang sifatnya mendasar, sekalipun meluas itu cukup menjadi bekal mahasiswa PGSD setelah menjadi guru SD. Akan tetapi ada makul yang dipelajari oleh mahasiswa PGSD tapi tidak diajarkan untuk anak SD. Makul tersebut seperti Psikologi dan Inklusi. Keduanya sangat membantu agar mendukung pembelajaran, khususnya mengenai model pembelajaran dan trik-trik pengajaran, terutama Psikologi.
Inklusi? Kenapa anak PGSD harus belajar inklusi? Serentak bertanya-tanya sama yang namanya inklusi. Terutama untuk para maba. Tak pernah terpikir jika akan mendapat makul inklusi. Yakni makul yang mempelajari mengenai anak berkebutuhan khusus. Mulai dari pembelajarannya, pengendalian anak inklusi, hingga seluk beluk anak inklusi. Yang spesial dalam perkuliahan inklusi mahasiswa dituntut mengenal lebih jauh inklusi serta bagaimana cara membimbing anak inklusi. Nah bagaimananya ini yang menjadi daya tarik, karena sekelompok grup yang presentasi akan menyimulasikan pengajaran terhadap anak inklusi. Paling tidak dari mahasiswa yang tidak presentasi akan diambil 2 sukarelawan untuk menjadi anak inklusi dan akan diampu oleh guru kelas. 

Satu hal hikmah yang perlu diperhatikan adalah bersyukur dengan apa yang kita miliki saat ini. Terutama bagi saya pribadi berpura-pura menjadi anak inklusi teramat susah. Itu menandakan bahwa begitu banyak kekurangan mereka dibandingkan kita. Namun dengan kekurangan yang mereka miliki ada beberapa hal tertentu yang mendorong mereka sehingga memiliki potensi yang luar biasa.


(Meilyana Santika, 2E)
PGSD WATES PGSD WATES Reviewed by HIMA PGSD KAMPUS WATES on Rabu, Januari 31, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar



Image Link [https://2.bp.blogspot.com/-70DYF-Z-kJQ/Wlc9sn-yudI/AAAAAAAABJE/owmQBtX5Oq4YogpY1VQxwBwFPgv6sQnsQCLcBGAs/s1600/HIMA.png]

Author Name [HIMA PGSD UNY Kampus Wates]

Author Description [Organisasi yang memfasiitasi mahasiswa PGSD UNY Kampus Wates untuk mengembangkan softskill maupun hardskill-nya]



Facebook Username [#]

Twitter Username [pgsdwates]

GPlus Username [#]

Pinterest Username [#]

Instagram Username [pgsdwates]